Cara Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Bencana Tanah Longsor

tanah longsor
Beberapa kejadian tanah longsor adalah hasil dari tanah yang melonggar karena hujan lebat. Tapi tanah longsor tidak selalu tergantung pada curah hujan, mereka dapat terjadi setelah hujan ringan, atau bahkan ketika belum ada hujan sama sekali.

Serupa dengan gempa bumi, terjadinya tanah longsor tergantung pada penumpukan dan  ketidakstabilan tanah di lereng dan sekali kekuatan gravitasi mengatasi kekuatan memegang tanah di tempat atau spot tanah longsor dimulai.

Tanah longsor terdiri dari lumpur, batu, dan puing-puing yang berasal dari tempat yang lebih tinggi dan jatuh ke tempat yang lebih rendah.

Tanah longsor sangat berbahaya karena apa yang mereka bawa dengan mereka adalah berat dan keras. Terdapat  air, tanah, pohon tumbang mungkin, sampah, bagian rumah, mobil atau apa pun di jalan bisa menjadi bagian dari tanah longsor.



Tanah longsor di pegunungan hanya dapat berisi tanah, air, bebatuan dan beberapa pohon. Tapi tanah longsor yang terjadi di sebuah kota juga dapat mencakup, mobil, potongan rumah, pohon, semak-semak, bahkan limbah mentah, sayangnya. Terlepas dari komposisi, tanah longsor memiliki kekuatan yang dasyat dan untuk membuat rumah turun yang mereka hadapi sepanjang jalan dan untuk membawa pergi kendaraan (ingat bahwa ketika Anda mencoba untuk keluar dari jalan).

Berikut adalah beberapa tips untuk tetap aman sebelum dan selama tanah longsor

Setiap orang harus menyadari informasi berikut, tetapi orang yang rumah dibangun di lereng atau di bawah bukit berada di bawah ancaman longsor. Jika rumah Anda begitu terletak, pastikan bahwa Anda memiliki rumah Anda secara profesional diperiksa setiap 6 bulan untuk melihat bahwa struktur yang memegang dan juga bahwa medan di atas tidak menunjukkan tanda-tanda longsor yang akan datang.

Indikasi di rumah Anda bahwa bumi bergeser dan tanah longsor mungkin imanen akan ada retakan baru di fondasi rumah Anda. Retak tersebut adalah bukti bahwa tanah yang rumah Anda dibangun di atas sedang berubah, tidak tinggal di tempat.

Apakah itu rumah Anda sendiri atau tempat Anda sedang berlibur, jika Anda melihat bahwa tanah di sekitar rumah Anda terasa lebih lembut dari biasanya, itu adalah tanda peringatan. Jika kelembutan bukan dari hujan, maka mungkin bahwa tanah telah bergeser dan tanah longsor adalah imanen.

Retakan di dasar rumah Anda dan kelembutan tanah yang menghujani anda kebawah dapat hadir sebagai tanda-tanda peringatan, namun tanah longsor juga bisa terjadi tanpa peringatan apapun.
Selama tanah longsor berlangsung yang sebenarnya, hal pertama yang Anda ingin untuk berpikir tentang adalah bagaimana untuk keluar dari jalur aliran puing-puing. Jika rumah Anda adalah di jalan yang longsor besar mungkin akan menghancurkan rumah, tetapi jika Anda dan keluarga melarikan diri dan bertahan hidup, itulah yang benar-benar penting. Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau menghentikan dan melaju longsor, dan rumah Anda mungkin tidak melindungi Anda, maka hal penting untuk dilakukan adalah untuk melarikan diri.

Jika Anda tidak sadar dan tidak ada waktu untuk pergi, melakukan hal terbaik berikutnya yaitu untuk mencari perlindungan di rumah Anda di bawah meja atau meja yang kokoh.

Jika Anda punya waktu untuk membuat menjalankan untuk itu, jangan pergi menuruni bukit. Tanah longsor itu akan menambah kecepatan karena terjatuh turun gunung (atau kemiringan). Jadi jika memungkinkan, pergi ke atas bukit di mana longsor akan kurang intens. Tapi jangan mengemudi langsung menuju tanah longsor. Dengan kata lain tidak mengemudi dalam arah yang sama seperti tanah longsor.

Dalam situasi longsor, berpikir cepat tentang apakah Anda bisa keluar atau apakah Anda perlu untuk berlindung di tempat. Tapi mungkin saran terbaik adalah untuk menjaga kepala Anda sehingga Anda dapat menentukan pilihan mana yang harus diambil. Jaga kepala dan jangan panik.