Makna Lambang P3K

makna lambang p3k
Pada setiap kotak P3K, pasti terdapat lambang berupa tanda + berwarna merah.Lambang tersebut kemudian dibingkai olehg aris-garis lengkung berwarna merah yang saling menyatu. Mungkin Anda sering bertanya-tanya. Apakah maksud dari lambang tersebut? Untuk itu simak uraian berikut mengenai lambang P3K dan maknanya.

Pada dasarnya, lambang yang digunakan pada kotak P3K sebenarnya adalah lambang Palang Merah Indonesia (PMI).PMI adalah organisasi nasional yang berdedikasi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.Lambang PMI ini digunakan pada lambang P3K adalah karena pada awalnya, PMI-lah yang menyebarkan ke masyarakat luas tentang pentingnya menyediakan kotak P3K di masing-masing rumah, kantor, dan sekolah. Selain kotak P3K, PMI juga mengajarkan beberapa cara mudah untuk menangani kecelakaan sederhana seperti luka atau memar.

Lambang ini memiliki warna kombinasi merah dan putih.Bagi orang yang tidak tahu sejarah PMI, pasti akan mengira bahwa warna ini diambil dari warna bendera Indonesia. Padahal sebenarnya, warna ini diambil dari bendera Negara Swiss.Mengapa Swiss? Karena, Swiss adalah Negara pertama yang memprakarsai gerakan palang merah.


Bukan hanya dari segiwarna saja, namun bentuk bendera Negara Swiss pun juga ikut diambil untuk lambang PMI. Lambangnya berupa tanda palang yang terdiri dari garis horizontal dan garis vertkal yang berpotongan tepat ditengahnya.Lambang ini terdapat pada bendera Swiss.

Pada bendera Swiss, palangnya berwarna putih dan warna dasarnya berwarna merah.Kedua elemen warna tersebut kemudian ditukar tempat untuk dijadikan lambang organisasi palang merah di seluruh dunia.Hal ini sudah disepakati oleh seluruh organisasi palang merah di seluruh dunia melaui KOnferensi Jenewa.

Selain tanda palang, ada juga lima garis lengkung berwarna merah yang membingkai tanda palang tersebut. Masing-masing ujung garis bertemu satu sama lain sehingga membentuk sebuah bidang mirip lingkaran bersudut. Elemen ini hanya ditemukan pada Palang Merah Indonesia, tidak ada di Negara lain. Elemen ini melambangkan lima identitas nasional Indonesia antara lain gotong royong, kebersamaan, kolektifitas, kenetralan, dan juga kemandirian. Dengan adanya elemen tambahan ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat bekerjasama untuk meningkatkan kualitas kesehatan bangsa tanpa campur tangan Negara lain, juga tanpa membeda-bedakan suku, agama, maupun ras yang beragam di Indonesia.

Sekian penjelasan dari saya mengenai lambang P3K yang dibuat oleh Palang Merah Indonesia ini.Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda untuk ikut berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia.