Olahraga Lempar Cakram

Lempar cakram merupakan cabang olahraga atletik dari Yunani kuno dan telah kembali sebagai bagian dari Olimpiade di akhir-akhir ini. Dalam sebagian besar lintasan dan lapangan dalahm olahraga atletik, Lempar cakram dianggap sebagai event kompetisi yang bergengsi. Dengan cara bermain cakram dilemparkan dengan memanfaatkan kedua tangan di mana cakram akan diayunkan dengan sebelah lengan bawah dan lengan akan diperpanjang mundur.

Cakram adalah disk bulat dibuat oleh kayu bersama dengan perbatasan logam dan berat cakram akan bervariasi untuk pria & wanita. Untuk pria bobot cakram tidak kurang dari 2 kg dengan lebar 22cm, sedangkan untuk wanita cakram berbobot 1kg bersama dengan luasnya tidak lebih dari 21 cm. Olahragawan pemain lempar cakram ini perlu berbalik untuk beberapa kali dalam jarak 2,5 (Lintasan sebelum melempar cakram) sebelumnya untuk melepaskan itu. Pemain umumnya melempar cakram sekitar 70 juta atau lebih dari ini yang sangat berpengalaman saat berlatih. Biasanya, dari tiga kali kesempatan untuk melempar cakram, lemparan terbaik akan diperoleh saat lemparan terakhir.

Pemain tidak bisa meletakkan tangan di wilayah eksternal (wilayah yang mengelilingi) tetapi mereka dapat menyentuh pada daerah bagian dalam mengelilingi pelek (lintasan pelemparan). Peserta tidak seharusnya meninggalkan area bermain sampai cakram benar-benar mendarat di lapangan. (biasanya terdapat pembatas pada lapangan lempar cakram).


Dalam permainan ini sebuah footwork yang akurat sangat penting untuk membuat kecepatan yang sangat penting untuk lemparan yang kuat. Sebelum memberikan upaya untuk membuat lemparan penuh, pelempar yang harus dimulai melalui tahap latihan berdiri-lemparan. Bagian atas buku jari tangan melemparkan harus menghubungi perbatasan dengan cara menjaga ujung jari di atas sisi sedangkan tangan non-lempar harus berada di bawah dari disk untuk memberikan dukungan. Luasnya bahu pada jarak bersama dengan kaki Anda lebar dan tempat belakang lingkaran dan membungkuk pinggang sampai batas tertentu saat melempar.

Anda mentransfer beban Anda pada kaki kiri, bergerak maju mundur di sekitar kiri, dengan cara memilih atas kaki kanan Anda dan memutar bahu Anda di jalur lemparan. Anda harus menyerahkan wilayah bola kaki kiri Anda ketika Anda memutar ke tengah ring. Sebelum mendarat kaki kanan di tengah-tengah ring mencoba untuk bergerak maju dengan kaki kiri Anda dan melanjutkan untuk berputar ke arah sisi depan lingkaran. Pindahkan kaki kiri ke arah sisi depan ring belakang dan ke depan. Kaki kiri Anda seharusnya muncul permukaan luar sisi kanan. Sisi kiri ditempatkan dan tidak fleksibel. Cakram seharusnya pergi dari tangan Anda dengan mudah dengan jari telunjuk dan tangan di dalam kaitannya setinggi bahu